Sabtu, 17 April 2010

BEDAH ARTIKEL

ARTIKEL ASTRA HONDA MOTOR


ARTIKEL

AHM Kian Optimis Masuki 2010
Jakarta - PT Astra Honda Motor (AHM) berhasil melanjutkan perkembangan bisnisnya yang positif pada tahun 2009 sehingga mampu mempertahankan posisinya sebagai produsen dan distributor sepeda motor terbesar di Indonesia. Di tengah kondisi ekonomi yang relatif belum begitu baik pada tahun lalu, AHM bersama 1.600 dealer, 4.000 AHASS, 7.000 toko suku cadang termasuk Honda Exclusive Part Shop(HEPS), dan sekitar 500 supliernya berupaya merealisasikan sebuah proses bisnis yang baik dan sekaligus mampu menggairahkan pasar sepeda motor domestik. Perusahaan menjadikan konsumen sebagai fokus utama dengan menyediakan produk yang berkualitas dan layanan yang terbaik. AHM juga berupaya untuk melakukan efisiensi di setiap lini bisnisnya. Hal ini juga disampaikan ke supplier agar selalu siaga dengan perubahan situasi dan kondisi yang tidak terduga di pasar sepeda motor.
Seperti diketahui, target awal penjualan AHM di awal tahun 2009 hanya 2,2 juta unit. Angka terendah dari target penjualan ini ditetapkan sebagai salah satu bentuk penyesuaian dengan kondisi dan situasi dunia usaha saat itu. Dalam perkembangannya,ekonomi tumbuh lebih baik dan situasi politik relatif stabil kendati ada pemilu. Pasar motor pun ikut bergerak secara perlahan. Berkat kondisi yang lebih baik ini, AHM mampu menyumbangkan angka penjualan 2,7 juta unit terhadap total pasar motor nasional yang mencapai 5,8 juta unit. Pasar motor ini hanya turun sekitar 6% dibandingkan dengan tahun 2008 yang mencapai 6,2 juta unit. Padahal di awal tahun, sejumlah kalangan memprediksi penjualan sepeda motor domestik 2009 akan turun sekitar 30%. Apa yang dicapai AHM pada tahun 2009 tersebut merupakan hasil dari sebuah proses yang sudah dilakukan perusahaan dalam memberikan produk yang berkualitas dan layanan terbaik kepada konsumen. Dalam situasi ekonomi yang mulai lebih baik ini, AHM mulai merealisasikan rencananya untuk mengimbangi pertumbuhan permintaan pasar motor, termasuk dengan meningkatkan kapasitas produksi skutik di fasilitas produksi di Cikarang dan mengoperasikan pabrik velg cast wheel di kawasan yang sama yaitu di Kawasan Industri MM 2100 Cikarang Barat. Tahun lalu, sebagai bagian dari proses bisnis yang mengedepankan kebutuhan konsumen, AHM juga merilis sekitar 4 motor baru yaitu Absolute Revo 110, Vario Techno, New Vario, dan New BeAT. Tahun ini, AHM juga akan memperkenalkan beberapa model sepeda motor baru untuk memenuhi keinginan konsumen.
AHM menyampaikan terima kasih atas dukungan media selama ini sehingga perusahaan mampu melakukan sebuah proses bisnis yang lebih baik di tengah kompetisi pasar yang semakin ketat. AHM akan berupaya memasuki tahun 2010 dengan sebuah proses bisnis yang lebih baik dari tahun 2009 dengan mengedepankan kebutuhan konsumen. Perusahaan juga berkomitmen untuk mengembangkan jaringan layanan purna jual sebagai bagian dari upaya perusahaan untuk memberikan layanan yang terbaik ke konsumen. Di sisi produksi, perusahaan akan terus membina hubungan dengan pemasok komponen agar terus menghasilkan suku cadang yang berkualitas dan kompetitif.

Tanggung jawab sosial perusahaan
Selain itu, AHM akan terus menggencarkan kampanye safety riding sebagai salah bentuk tanggung jawab sosial yang terkait langsung dengan industri kendaraan bermotor. Tahun lalu perusahaan memberikan 450 pelatihan safety riding di sekolah SD hingga SMU di seluruh Indonesia. Sebagai pelopor keselamatan berkendara, AHM tahun ini akan melanjutkan aktivitas sosialisasi safety riding yang dimulai sejak usia dini. Perusahaan berkomitmen tidak hanya memproduksi motor tapi juga untuk mendidik masyarakat bagaimana cara berkendara yang aman. Bentuk lain dari tanggung jawab sosial AHM antara lain direalisasikan dengan mengadakan sejumlah program sosial yang berkaitan langsung dengan masyarakat termasuk dengan memberikan training dan bantuan dana. Di semester II tahun lalu, AHM bekerja sama dengan Pemerintah Kota Yogyakarta membangun Zona Teknologi Otomotif Roda Dua di Taman Pintar. Perusahaan melakukan tindakan responsif menyikapi bencana gempa Padang dengan mendonasikan bantuan senilai Rp 1 miliar untuk meringankan korban.
Tahun ini, perusahaan berkomitmen untuk meningkatkan aktivitas sosialnya yang akan difokuskan melalui program tindakan sosial yang dapat dirasakan langsung oleh masyarakat, seperti pelatihan mekanik dan computer bagi pemuda/i putus sekolah, program bea siswa untuk 1.000 siswa, penghijauan serta perbaikan infrastruktur.


ANALISIS

Perusahaan Honda menjadikan konsumen sebagai fokus utama dengan menyediakan produk yang berkualitas dan layanan yang terbaik dengan mengeluarkan berbagai macam produk yang baru sesuai dengan kebutuhan konsumen. Dalam situasi ekonomi yang seperti sekarang ini, AHM mulai merealisasikan rencananya untuk mengimbangi pertumbuhan permintaan pasar motor.Honda akan terus berkarya di bumi Indonesia untuk selalu mempersembahkan produk-produknya yang inovatif, berkualitas serta sesuai keinginan masyarakat. karena banyak sekali persaingan produk-produk baru. Perusahaan juga berkomitmen untuk mengembangkan jaringan layanan purna jual sebagai bagian dari upaya perusahaan untuk memberikan layanan yang terbaik ke konsumen. Di sisi produksi, perusahaan akan terus membina hubungan dengan pemasok komponen agar terus menghasilkan suku cadang yang berkualitas dan kompetitif. Dalam kegiatan sosial perusahaan berkomitmen untuk meningkatkan aktivitas sosialnya yang akan difokuskan melalui program tindakan sosial yang dapat dirasakan langsung oleh masyarakat, seperti pelatihan mekanik dan computer bagi pemuda/i putus sekolah, program bea siswa untuk 1.000 siswa, penghijauan serta perbaikan infrastruktur.


Sumber :

www.astra-honda.com